Bersama Pemerintah Perangi Narkoba Melalui P4GN

JAPAH, 4 April 2017, Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di gelar di Pendopo Kecamatan Japah, acara ini dihadiri oleh BNN Profinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Kesbangpol Kabupaten Blora, Kepala Desa Se-Kecamatan Japah, PKK, Babinsa, Babin Kamtibmas, dan para tokoh masyarakat.

Setiap harinya ada 30-35 orang yang terkapar akibat Over Dosis (OD). Saat ini jumlah penduduk Indonesia yang kecanduan narkoba mencapai 3,4 sampai 3,6 juta orang. Survey terakhir menunjukkan lebih dari 1,3 juta pengguna di antaranya adalah kaum pelajar. Namun mereka ini masih kelompok coba-coba.

Yang tergolong pengguna tetap, rata-rata berusia antara 30-37 tahun, karena golongan ini sudah mapan dari segi ekonomi, Menanggapi kondisi tersebut, maka Badan Narkotika Nasional, Kesbangpol Kabupaten Blora, Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, melalui program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), terus berupaya menanggulangi masalah yang kian menjadi ancaman bagi kelangsungan generasi muda.
Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Blora Mei Nariyono, SH mengatakan salah satu merusak Stabilitas keamanan Negara Indonesia adalah lewat narkoba, sehingga sesuai arahan Presiden Indonesia Bpk Joko Widodo bahwa Indonesia Darurat Narkoba maka seluruh Kepala Badan Kesbangpol se – Indonesia menindaklanjuti dengan kegiatan Penyuluhan Aparat Pemerintah hingga Sampai Kedesa – desa melalui kegiatan P4GN (Pencegahan,Pemberantasan,Penyalahgunaan,dan Peredaran Gelap Narkoba). Harapannya di Kecamatan Japah dan Kabupaten Blora Bebas dari Narkoba.

Camat Japah Kiswoyo, SH, M.Si mengatakan Bahaya narkoba tidak hanya berdampak pada fisik saja melainkan berdampak buruk juga pada kesehatan dan kelangsungan hidup. Selain merusak masa depan, narkoba dapat merenggut nyawa seseorang.

BNN Profinsi Jawa Tengah Mas Resa menegaskan Pemakai narkoba bisa kecanduan jika sudah terbiasa mengkonsumsi narkoba, akibatnya mereka akan melakukan apa saja untuk mendapatkan uang dan bisa membeli narkoba. Contohnya, mencuri, berbohong kepada orang tua, menjual barang berharga sampai habis, dan tindak kejahatan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Nanik Srimulyaningsih, SM, SKM, M.SI Menyampaikan Bahaya lain yang bisa dialami oleh pemakai narkoba diantaranya:

Hilang kesadaran
Seseorang yang mengkonsumsi narkoba akan mengalami hilang kesadaran atau biasa disebut dengan istilah depresan. Ketika seseorang mengkonsumsi narkoba maka setelah itu dia akan merasa lesu, pusing, dan tertidur. Namun, bukan tertidur pulas seperti orang tidur pada umumnya melainkan mabuk. Ketika seseorang mabuk tentu tidak akan sadar dengan apa yang dia lakukan sehingga sering sekali terjadi tabrakan motor dan mobil karena supir mabuk berat.

Berhalusinasi
Selain hilang kesadaran bahaya lainnya yaitu mengalami halusinasi. Akibat tidak sadarkan diri maka pemakai narkobapun bisa melihat sesuatu yang orang lain tidak melihatnya tanpa disengaja membayangkannya. Halusinasi bisa berbentuk visual (objek, bayangan seseorang, dan lain-lain) dan suara (music, nama dipanggil orang lain, dan lain sebagainya.Contoh, ketika pemakai narkoba berhalusinasi mendengar suara musik yang kencang, tentu dia akan berjoget-joget mengikuti alunan musik meskipun sebenarnya suara music tidak ada.

Terkena penyakit mematikan
Orang yang mengkonsumsi narkoba secara terus-menerus akan terkena berbagai penyakit yang mematikan. Mengapa? Karena di dalam narkoba terdapat zat Synthetic Cannabinoids, Synthetic Cathinones, methylone, dan lain sebagainya yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Zat tersebut akan menyerang beberapa organ tubuh dan lama-lamasistem saraf akan rusak dan dapat menyebabkan kematian.

Kecanduan
Pemakai narkoba bisa kecanduan jika sudah terbiasa mengkonsumsi narkoba, akibatnya mereka akan melakukan apa saja untuk mendapatkan uang dan bisa membeli narkoba. Contohnya, mencuri, berbohong kepada orang tua, menjual barang berharga sampai habis, dan lain sebagainya. jika pemakai tidak bisa mengkonsumsi narkoba tentu dia akan mengalami sakaw.(And RI One)